Pengenalan Desain Grafis dan Animasi
A. DEFINISI DESAIN GRAFIS dan ANIMASI
1. DEFINISI DESAIN GRAFIS
Desain grafis adalah suatu bentuk
komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau
pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena
merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis
diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya,
disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk
yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
Pada tahun, Henry Cole menjadi salah seorang yang paling berpengaruh dalam pendidikan desain di Inggris, ia meyakinkan pemerintah tentang pentingnya desain dalam sebuah jurnal yang berjudul Journal of Design and Manufactures. Dia menyelenggarakan The Great Exhibition sebagai perayaan atas munculnya teknologi industri modern dan desain bergaya Victoria.
Dari tahun 1891 sampai 1896, Percetakan William Morris Kelmscott mempublikasikan buku karya desain grafis yang dibuat oleh gerakan Arts and Crafts , dan membuat buku dengan desain yang lebih bagus dan elegan untuk dijual kepada orang-orang kaya. Morris membuktikan adanya potensi pasar untuk produk-produk desain grafis. Morris juga mempelopori pemisahan desain grafis dari seni rupa. Karya –karya Morris dan karya dari pergerakan Private Press secara langsung mempengaruhi Art Nouveau, dan secara tidak langsung mempengaruhi perkembangan desain grafis pada awal abad ke 20.
Kata Desain Grafis pertama kali digunakan pada tahun 1922 di sebuah esai berjudul New Kind of Printing Calls for New Design yang ditulis oleh William Addison Dwiggins, seorang desainer buku Amerika.
Raffe's Graphic Design, yang diterbitkan pada tahun 1927, dianggap sebagai buku pertama yang menggunakan istilah Desain Grafis pada judulnya
The signage in the London Underground adalah contoh desain klasik pada abad modern yang menggunakan jenis huruf yang dirancang oleh Edward Johnston pada tahun 1916.
Pada tahun 1920, Aliran konstuktivisme di Uni Soviet melihat seni yang berorientasi individu tidak ada gunanya bagi Rusia dan membuat sesuatu yang dapat diterapkan di dunia nyata. Mereka mendesain bangunan, perangkat teater, poster, kain, pakaian, perabot, logo, menu, dll.
Jan Tschichold merumuskan prinsip-prinsip dasar tipografi modern pada tahun 1928 dalam bukunya yang berjudul New Typography. Tschichold, Bauhaus,Herbert Bayer and Laszlo Moholy-Nagy, and El Lissitzky adalah tipografer yang berpengaruh besar dalam ilmu desain grafis yang kita kenal sekarang ini. Mereka mempelopori teknik produksi yang digunakan sepanjang abad ke 20. Pada tahun-tahun berikutnya desain grafis mendapat banyak pengakuan dan mulai banyak diterapkan. Pasca Perang Dunia II, kebutuhan akan desain grafis meningkat pesat, terutama untuk periklanan dan kemasan produk. Perpindahan Sekolah Bauhaus dari Jerman ke Chicago pada tahun 1937 membawa pengaruh besar pada desain di Amerika. Nama- nama yang terkenal diantaranya Adrian Frutiger(desainer jenis huruf Univers dan Frutiger), Paul Rand(yang dari akhir 1930-an sampai kematiannya pada tahun 1996 menggunakan prinsip Bauhaus dan menerapkannya padaiklan dan desain logo.
Perkembangan industi desain grafis tumbuh seiring dengan perkembangan konsumerisme. Hal ini menimbulkan kritik dari berbagai komunitas desain yang tertuang dalam First Things First manifesto yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1964 dan diterbitkan kembali pada tahun 1999 di majalah Émigré. Konsumerisme terus tumbuh, sehingga terus memacu pertumbuhan ilmu desain grafis. Hal ini menarik para praktisi desain grafis, beberapa diantaranya adalah : Rudy VanderLans, Erik Spiekermann, Ellen Lupton and Rick Poynor.
Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
Pada tahun, Henry Cole menjadi salah seorang yang paling berpengaruh dalam pendidikan desain di Inggris, ia meyakinkan pemerintah tentang pentingnya desain dalam sebuah jurnal yang berjudul Journal of Design and Manufactures. Dia menyelenggarakan The Great Exhibition sebagai perayaan atas munculnya teknologi industri modern dan desain bergaya Victoria.
Dari tahun 1891 sampai 1896, Percetakan William Morris Kelmscott mempublikasikan buku karya desain grafis yang dibuat oleh gerakan Arts and Crafts , dan membuat buku dengan desain yang lebih bagus dan elegan untuk dijual kepada orang-orang kaya. Morris membuktikan adanya potensi pasar untuk produk-produk desain grafis. Morris juga mempelopori pemisahan desain grafis dari seni rupa. Karya –karya Morris dan karya dari pergerakan Private Press secara langsung mempengaruhi Art Nouveau, dan secara tidak langsung mempengaruhi perkembangan desain grafis pada awal abad ke 20.
Kata Desain Grafis pertama kali digunakan pada tahun 1922 di sebuah esai berjudul New Kind of Printing Calls for New Design yang ditulis oleh William Addison Dwiggins, seorang desainer buku Amerika.
Raffe's Graphic Design, yang diterbitkan pada tahun 1927, dianggap sebagai buku pertama yang menggunakan istilah Desain Grafis pada judulnya
The signage in the London Underground adalah contoh desain klasik pada abad modern yang menggunakan jenis huruf yang dirancang oleh Edward Johnston pada tahun 1916.
Pada tahun 1920, Aliran konstuktivisme di Uni Soviet melihat seni yang berorientasi individu tidak ada gunanya bagi Rusia dan membuat sesuatu yang dapat diterapkan di dunia nyata. Mereka mendesain bangunan, perangkat teater, poster, kain, pakaian, perabot, logo, menu, dll.
Jan Tschichold merumuskan prinsip-prinsip dasar tipografi modern pada tahun 1928 dalam bukunya yang berjudul New Typography. Tschichold, Bauhaus,Herbert Bayer and Laszlo Moholy-Nagy, and El Lissitzky adalah tipografer yang berpengaruh besar dalam ilmu desain grafis yang kita kenal sekarang ini. Mereka mempelopori teknik produksi yang digunakan sepanjang abad ke 20. Pada tahun-tahun berikutnya desain grafis mendapat banyak pengakuan dan mulai banyak diterapkan. Pasca Perang Dunia II, kebutuhan akan desain grafis meningkat pesat, terutama untuk periklanan dan kemasan produk. Perpindahan Sekolah Bauhaus dari Jerman ke Chicago pada tahun 1937 membawa pengaruh besar pada desain di Amerika. Nama- nama yang terkenal diantaranya Adrian Frutiger(desainer jenis huruf Univers dan Frutiger), Paul Rand(yang dari akhir 1930-an sampai kematiannya pada tahun 1996 menggunakan prinsip Bauhaus dan menerapkannya padaiklan dan desain logo.
Perkembangan industi desain grafis tumbuh seiring dengan perkembangan konsumerisme. Hal ini menimbulkan kritik dari berbagai komunitas desain yang tertuang dalam First Things First manifesto yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1964 dan diterbitkan kembali pada tahun 1999 di majalah Émigré. Konsumerisme terus tumbuh, sehingga terus memacu pertumbuhan ilmu desain grafis. Hal ini menarik para praktisi desain grafis, beberapa diantaranya adalah : Rudy VanderLans, Erik Spiekermann, Ellen Lupton and Rick Poynor.
2. DEFINISI ANIMASI
Kata animasi berasal dari kata
animation yang berasal dari kata dasar to anime di dalam kamusIndonesia inggris
berarti menghidupkan. Secara umum animasi merupakan suatu kegiatan menghidupkan,menggerakkan
benda mati. Suatu benda mati diberi dorongan, kekuatan, semangatdan emosi untuk
menjadi hidup atau hanya berkesan hidup. Sebenarnya, sejak jaman dulu,
manusiatelah mencoba menganimasi gerak gambar binatang mereka, seperti yang
ditemukan oleh para ahlipurbakala di gua Lascaux Spanyol Utara, sudah berumur
dua ratus ribu tahun lebih. Mereka mencoba untuk menangkap gerak cepat lari
binatang, seperti celeng, bison atau kuda, digambarkannya dengan delapan kaki
dalam posisi yang berbeda dan bertumpuk ( Hallas and Manvell 1973 ). Orang
Mesir kuno menghidupkan gambar mereka dengan urutan gambar – gambar para
pegulat yang sedang bergumul, sebagai dekorasi dinding. Dibuat sekitar tahun
2000 sebelum Masehi ( Thomas 1958 ). Lukisan Jepang kuno memperlihatkan suatu
alur cerita yang hidup, dengan menggelarkan gulungan lukisan, dibuat pada masa
Heian(794-1192) (ensiklopedi Americana volume19, 1976). Kemudian muncul mainan
yang disebut Thaumatrope sekitar abad ke 19 di Eropa, berupalembaran cakram
karton tebal, bergambar burung dalam sangkar, yang kedua sisi kiri
kanannyadiikat seutas tali, bila dipilin dengan tangan akan memberikan santir
gambar burung itu bergerak (Laybourne 1978).
Perkembangan dunia animasi komputer yang
pesat dewasa ini memerlukan waktu puluhan tahundalam proses penciptaaannya. Animasi
secara harfiah berarti membawa hidup atau bergerak.Secaraumum menganimasi suatu
objek merupakan benda yang bergerak.dari objek tersebut agar
menjadihidup,animasi mulai dikenal sejak populernya media televisi yang mampu
menyajikan gambar - gambar hasil bergerak hasil
rekaman kegiatan dari makhluk hidup,baik manusia , hewan,maupun tumbuhan.
Perkembangan animasi semenjak munculnya
perkembangan pertelevisian.Pada awalnya diciptakananimasi berbasis dua dimensi
(2D Animation). Realisasi nyata dari perkembangan animasi dua dimensi yang
cukup revolusioner berupa dibuatnya film-film kartun.
Pembuatan animasi film kartun tersebut
pada awalnya dikerjakan dengan membuat sketsa gambaryang digerakkan satu demi
satu, jadi kesimpulannya animasi merupakan suatu gambar objek yangdapat
bergerak. Pedesain animasi di computer yang lebih umum disebut dengan animator,
hanya perlu menganimasikan objek antarkeyframe tidak perlu lagi membuat
animasi frame demi frameseperti dalam pebuatan animasi gambar demi gambar dalam
pembuatan kartun filmkonvensional.sedangkan frame - frame antar keyframe tersebut akan diterjemahkan sendiri
olehcomputer menjadi sebuah gerakan seperti yang diinginkan animator. Perkembangan
dunia animasi computer sekarang sudah sangat pesat, apalagi sejak diciptakannya
animasi berbasis tiga dimensi (3D Animation) yang mempunyai ukuran
panjang,lebar,dan tinggi ( Z – axis ) maka objek danpergerakkannya hampir
mendekati kenyataan aslinya.Hanya saja objek tersebut dibuat dunia maya(Virtual
reality). Perkembangan ini juga dilengkapi dengan berbagai perangkat lunak
yangmendukung seperti misalnya Macromedia flash,GIF animation dan corel Rave
sebagai software - software pendukung animasi dua dimensi
sedangkan 3D MAX Studio,Alias Wave Front AMA,LightWave,dan cinema 4D, sebagai
software - software inti popular pendukung animasi 3
dimensi. Keuntungan yang diperoleh bagi para pekerja atau bisa juga disebut
sebagai animator adalahsebagai berikut :
Ø Dalam
pembuatan sekuel film.
Ø Pembuatan
sebuah iklan multimedia
Ø Pengisi
special effect dalam pembuatan video klip music atau film.
Ø Pembuatan
presentasi multimedia
Ø Mendesain
sebuah web yang dinamis dan interaktif atau jika dikaji lebih jauh bahwaseorang
animator dapat mengkreasi sebuah objek atau efek yang tidak mampu dihasilkancamera
man misalnya seorang animator mampu membuat visualisasi angin topan,
gunungmeletus yang mengeluarkan lava panas, menghidupkan kembali monster
dinosaurus yangsudah punah beberapa abad silam,merobohkan gedung, membuat
pesawat semahal F –16meledak dan terbakar.
Peranan animasi terutama animasi dalam
dunia computer dan peranan animator sebagai sangarsitek pendesain sebuah
animasi. Dengan adanya dukungan software animasi berbasis 3 dimensiini, maka
sutradara tidak perlu lagi mendatangkan seorang aktris atau actor yang
bayarannya mahaldalam pembuatan film.misalnya cukup dengan mempunyai foto
tampak samping dan tampak depanmaka wajah kita dapat kelihatan mirip dengan
aslinya, dalam bentuk tiga dimensi (3D).
Perkembangan animasi seiring dengan
perkembangan pertelevisian, pada awalnya diciptakanlahanimasi berbasis dua
dimensi (2D Animation) Yakni objek yang dianimasi mempunyai ukuranpanjang
(X-azis) dan ( Y-axis).Realisasi nyata dalam perkembangan dua dimensi yang
cukuprevolusioner yakni film - film kartun. salah satu contoh
yang paling teknis yakni gambar yang dapatbergerak atau objek dari
benda tersebut.
Jenis Jenis Animasi
Terdapat beberapa jenis animasi yang ada saat ini, jenis jenis ini
menghasilkan animasi yang berbeda-beda dan kualitas yang berbeda pula.
Pemilihan jenis animasi tergantung kepada kebutuhan. Berikut ini jenis-jenis
animasi tersebut:
- Motion Path: Motion Path adalah jenis animasi untuk sebuah simbol yang bergerak mengikuti suatu lintasan.
- Animasi Marque: Animasi ini bisa kita temukan di website-website menampilkan barisan teks yang berjalan dari sisi kanan ke sisi kiri atau sebaliknya.
- Animasi Fade: Kita sering melihat animasi sebuah objek dari semula utuh lalu lambat laun memudar dan menghilang, jenis animasi semacam ini disebut animasi fade.
- Animasi Rotasi: Sesuai dengan namanya, objek dibuat bergerak memutar, seperti animasi jam, model kincir, putaran roda, dan lain-lain. Arahnya bisa searah jarum jam (CW: Clock Wise) atau berlawanan dengan jarum jam (CCW: Counter Clock Wise).
- Animasi Blink: Jenis animasi ini objek dibuat berkedip seperti bintang antau lampu disco.
- Animasi Shape: Animasi Shape adalah animasi perubahan bentuk dari semula objek menjadi text atau sebaliknya.
- Animasi Masking: Animasi Masking adalah jenis animasi yang bergerak menutupi objek.
B. DEFINISI PIXEL, RESOLUSI, GARIS dan KURVA HUE
1. DEFINISI PIXEL
Jumlah bit yang digunakan untuk mewakili tiap pixel menentukan berapa banyak warna yang dapat ditampilkan pixel tersebut, ini biasa disebut sebagai color depth. Contohnya, jika monitor menggunakan 8 bit untuk tiap pixel, maka tiap pixel mampu menampilkan 256 warna berbeda (2 pangkat 8).
Pada monitor, setiap pixel sebenarnya terdiri atas 3 titik, yakni 1 titik merah, 1 titik biru, dan 1 titik hijau. Gabungan dari tiga titik tersebut menampilkan warna yang diinginkan.
Kualitas layar biasanya bergantung pada resolusi (jumlah pixel yang bisa ditampilkan), serta berapa banyak bit yang mewakili tiap pixel. Layar VGA dapat menampilkan 300 ribu pixel (640x480), layar SVGA dapat menampilkan 480 ribu pixel (800x600), dan seterusnya. Sistem True Color menggunakan 24 bit pada tiap pixel, sehingga dapat menampilkan lebih dari 16 juta warna berbeda, akan tetapi saat ini kebanyakan layar menggunakan 8 bit pada tiap pixel.
1. DEFINISI PIXEL
Pixel adalah bagian terkecil pada
suatu gambar digital. Monitor menampilkan gambar dengan membagi-bagi layar
menjadi ribuan (bahkan jutaan) pixel-pixel, tersusun pada banyak baris dan kolom.
Pixel-pixel ini sangat dekat satu sama lain sehingga tampak seperti
terhubung satu sama lain.
Jumlah bit yang digunakan untuk mewakili tiap pixel menentukan berapa banyak warna yang dapat ditampilkan pixel tersebut, ini biasa disebut sebagai color depth. Contohnya, jika monitor menggunakan 8 bit untuk tiap pixel, maka tiap pixel mampu menampilkan 256 warna berbeda (2 pangkat 8).
Pada monitor, setiap pixel sebenarnya terdiri atas 3 titik, yakni 1 titik merah, 1 titik biru, dan 1 titik hijau. Gabungan dari tiga titik tersebut menampilkan warna yang diinginkan.
Kualitas layar biasanya bergantung pada resolusi (jumlah pixel yang bisa ditampilkan), serta berapa banyak bit yang mewakili tiap pixel. Layar VGA dapat menampilkan 300 ribu pixel (640x480), layar SVGA dapat menampilkan 480 ribu pixel (800x600), dan seterusnya. Sistem True Color menggunakan 24 bit pada tiap pixel, sehingga dapat menampilkan lebih dari 16 juta warna berbeda, akan tetapi saat ini kebanyakan layar menggunakan 8 bit pada tiap pixel.
Ketajaman suatu
gambar dapat dilihat dari kerapatan pixel-pixel, atau biasa
disebut sebagai dpi (dots per inch) atau ppi (pixel per inch).
Dalam hal ini dot (titik) dimaksudkan sebagai pixel, jadi keduanya
memiliki arti yang sama. Dots per inch dapat ditentukan dari ukuran layar
dan resolusi yang dimiliki. Pada ukuran layar yang sama, semakin besar
resolusi maka semakin besar pula dpi/ppi. Sedangkan pada resolusi yang
sama, semakin besar ukuran layar maka semakin kecil dpi/ppi. Sebaliknya
semakin kecil ukuran layar maka semakin besar dpi/ppi.
2. DEFINISI RESOLUSI
Pixel adalah bagian terkecil dari gambar yang ditampilkan oleh perangkat - perangkat seperti monitor, televisi, dan proyektor. Pixel memiliki bentuk persegi. Istilah pixel sendiri merupakan singkatan dari "Picture Element". Barisan pixel-pixel yang sangat kecil menyusun gambar yang akhirnya bisa kita lihat pada layar.
Resolusi biasa ditulis dengan format "(banyak pixel secara horizontal) × (banyak pixel secara vertikal)". Contohnya resolusi 1920×1080 berarti digunakan pixel sebanyak 2073600 untuk menampilkan gambar, dengan 1920 pixel sebaris secara horizontal dan 1080 pixel sebaris secara vertikal.
Selain dipengaruhi oleh resolusi, tentunya ketajaman suatu gambar juga dipengaruhi oleh ukuran gambar yang ditampilkan. Untuk layar dengan resolusi yang sama, gambar pada layar yang lebih kecil tentunya akan terlihat lebih tajam dibandingkan dengan gambar pada layar yang lebih besar, sebab pixel-pixel menjadi lebih rapat pada layar yang lebih kecil. Selain itu jarak dari mata kita ke gambar juga tentunya mempengaruhi ketajaman gambar, karena semakin dekat maka gambar akan terlihat lebih besar, sebaliknya semakin jauh maka gambar akan terlihat lebih kecil.
2. DEFINISI RESOLUSI
Resolusi adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan jumlah titik atau
pixel yang digunakan untuk
menampilkan suatu gambar. Resolusi yang semakin tinggi berarti semakin banyak pixel yang
digunakan untuk menyusun suatu gambar, sehingga
gambar dapat menjadi lebih jelas dan tajam.
Pixel adalah bagian terkecil dari gambar yang ditampilkan oleh perangkat - perangkat seperti monitor, televisi, dan proyektor. Pixel memiliki bentuk persegi. Istilah pixel sendiri merupakan singkatan dari "Picture Element". Barisan pixel-pixel yang sangat kecil menyusun gambar yang akhirnya bisa kita lihat pada layar.
Resolusi biasa ditulis dengan format "(banyak pixel secara horizontal) × (banyak pixel secara vertikal)". Contohnya resolusi 1920×1080 berarti digunakan pixel sebanyak 2073600 untuk menampilkan gambar, dengan 1920 pixel sebaris secara horizontal dan 1080 pixel sebaris secara vertikal.
Selain dipengaruhi oleh resolusi, tentunya ketajaman suatu gambar juga dipengaruhi oleh ukuran gambar yang ditampilkan. Untuk layar dengan resolusi yang sama, gambar pada layar yang lebih kecil tentunya akan terlihat lebih tajam dibandingkan dengan gambar pada layar yang lebih besar, sebab pixel-pixel menjadi lebih rapat pada layar yang lebih kecil. Selain itu jarak dari mata kita ke gambar juga tentunya mempengaruhi ketajaman gambar, karena semakin dekat maka gambar akan terlihat lebih besar, sebaliknya semakin jauh maka gambar akan terlihat lebih kecil.
Beberapa resolusi-resolusi yang biasa dikenal saat ini, antara
lain:
·
720×480 : DVD, D-VHS, miniDV,
Digital8
·
1280×720 : Blu-ray, HD DVD
·
1440×1080 : HDV
·
1920×1080 : HDV, HD DVD, Blu-ray,
AVCHD, HDCAM SR
·
1998×1080 : 2K Flat
·
2048×1080 : 2K Digital Cinema
·
4096×2060 : 4K Digital Cinema
·
7680×4320 : UHDTV
·
15360×8640 : 16K Digital Cinema
3. DEFINISI GARIS
3. DEFINISI GARIS
Pengertian garis menurut Leksikon Grafika (54) adalah
benda dua dimensi tipis memanjang. Sedangkan Lillian Gareth (48) mendefinisikan
garis sebagai sekumpulan titik yang bila
dideretkan maka dimensi panjangnya akan tampak menonjol
dan sosoknya disebut dengan garis.
Terbentuknya garis merupakan gerakan dari suatu titik
yang membekaskan jejaknya sehingga terbentuk suatu goresan. Untuk menimbulkan
bekas, biasa mempergunakan pensil, pena,
kuas dan lain-lain. Bagi seni rupa garis memiliki
fungsi yang fundamental, sehingga diibaratkan jantungnya senirupa. Garis
sering pula disebut dengan kontur, sebuah
kata yang samar dan jarang dipergunakan.
Fungsi Garis
Fungsi garis yaitu untuk memberikan representasi atau
citra struktur, bentuk dan bidang. Garis ini sering disebut garis blabar (garis
kontur) berfungsi sebagai batas/ tepi.
Untuk menekankan nilai ekspresi seperti nilai gerak atau dinamika (movement), nilai irama (rhythm) dan nilai arah (direction).
Garis ini disebut juga garis grafis. Untuk
memberikan kesan matra (dimensi) dan kesan barik (tekstur). Garis
ini sering disebut garis arsir atau garis
tekstur. Garis tekstur lebih bisa dihayati dengan jalan meraba.
Sebuah garis merupakan sebuah unsur desain
grafis yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lainnya
sehingga bisa berbentuk suatu gambar garis lengkung (curve) atau lurus
(straight). Garis adalah unsur dasar yang digunakan untuk membangun bentuk atau
konstruksi desain.
Berikut ini adalah beberapa jenis garis
yang perlu anda ketahui beserta artinya atau maknanya:
Horizontal : Memberi sugesti ketenangan atau hal
yang tak bergerak.
Vertikal : Stabilitas, kekuatan atau kemegahan.
Diagional : Tidak stabil, sesuatu yang bergerak atau dinamika.
Lengkung S : Grace, keanggunan.
Zig-zag : Bergairah, semangat, dinamika atau gerak cepat.
Bending up right : Sedih, lesu atau kedukaan.
Diminishing Perspective : Adanya jarak, kejauhan, kerinduan dan sebagainya.
Concentric Arcs : Perluasan, gerakan mengembang, kegembiraan dsb.
Pyramide : Stabil, megah, kuat atau kekuatan yang masif.
Conflicting Diagonal : Peperangan, konflik, kebencian dan kebingungan.
Spiral : Kelahiran atau generative forces.
Rhytmic horizontals : Malas, ketenangan yang menyenangkan.
Upward Swirls : Semangat menyala, berkobar-kobar, hasrat yang tumbuh.
Upward Spray : Pertumbuhan, spontanitas, idealisme.
Inverted Perspective : Keluasan tak terbatas, kebebasan mutlak, pelebaran tak terhalang.
Water Fall : Air terjun, penurunan yang berirama, gaya berat.
Rounded Archs : Lengkung bulat mengesankan kekokohan.
Rhytmic Curves : Lemah gemulai, keriangan.
Gothic Archs : Kepercayaan dan religius.
Radiation Lines : Pemusatan, peletupan atau letusan.
Vertikal : Stabilitas, kekuatan atau kemegahan.
Diagional : Tidak stabil, sesuatu yang bergerak atau dinamika.
Lengkung S : Grace, keanggunan.
Zig-zag : Bergairah, semangat, dinamika atau gerak cepat.
Bending up right : Sedih, lesu atau kedukaan.
Diminishing Perspective : Adanya jarak, kejauhan, kerinduan dan sebagainya.
Concentric Arcs : Perluasan, gerakan mengembang, kegembiraan dsb.
Pyramide : Stabil, megah, kuat atau kekuatan yang masif.
Conflicting Diagonal : Peperangan, konflik, kebencian dan kebingungan.
Spiral : Kelahiran atau generative forces.
Rhytmic horizontals : Malas, ketenangan yang menyenangkan.
Upward Swirls : Semangat menyala, berkobar-kobar, hasrat yang tumbuh.
Upward Spray : Pertumbuhan, spontanitas, idealisme.
Inverted Perspective : Keluasan tak terbatas, kebebasan mutlak, pelebaran tak terhalang.
Water Fall : Air terjun, penurunan yang berirama, gaya berat.
Rounded Archs : Lengkung bulat mengesankan kekokohan.
Rhytmic Curves : Lemah gemulai, keriangan.
Gothic Archs : Kepercayaan dan religius.
Radiation Lines : Pemusatan, peletupan atau letusan.
Garis
secara orientasi, terdiri dari:
- Garis Lurus Horisontal , memberi kesan sugesti ketenangan atau hal yang tak bergerak.
- Garis Lurus Vertikal , memberi kesan stabilitas, kekuatan atau kemegahan.
- Garis Lurus Miring Diagonal, memberi kesan tidak stabil, sesuatu yang bergerak atau dinamika
- Garis melengkung (Kurva) memberi kesan keanggunan, halus.
4. DEFINISI KURVA
Kurva
adalah garis dan ruas garis yang membentuk kurva – kurva sederhana. Kurva dapat
digambarkan dengan bermacam – macam bentuk, bentuknya bisa teratur bisa juga
tidak teratur. Dikenal 4 macam kurva yaitu :
1. Kurva tertutup sederhana
2. Kurva tidak tertutup sederhana
3. Kurva tertutup tidak sederhana
4. Kurva tidak tertutup tidak sederhana
Webdesign
Audiovisual
Rendering 3 Dimensi
·
AnimatorDV
· Aurora 3d Animation Maker
· Stykz
· Pivot StickFigure Animator
· Blender
· 3ds max
·
Iclone
·
Maya
· MotionBuilder
·
CINEMA 4D
· DAZ Studio
· LightWave 3D
Kurva
5. DEFINISI HUE
Hue
adalah Istilah yang menyatakan rangkaian warna spektrum. Hue adalah komponen
yang menentukan warna apa yang digunakan. Dalam gradien, bila digunakan model
warna yang menggunakan hue sebagai salah satu komponen maka akan dapat dibuat
efek pelangi.
Hue
adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan nama dari suatu warna, seperti merah, biru, kuning, hijau, coklat,
ungu, jingga, dan warna lainnya. Perbedaan
antara merah dengan biru, atau merah dengan kuning adalah perbedaan dalam hue.
C. CONTOH SOFTWARE UNTUK MEMBUAT DESAIN GRAFIS & ANIMASI
Daftar Software Desain Grafis
Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:
Desktop publishing
Desktop publishing
·
Adobe Photoshop
·
Adobe Illustrator
·
Adobe Indesign
·
Coreldraw
·
GIMP
·
Inkscape
·
Adobe Freehand
·
Adobe image ready
·
CorelDraw
·
Adobe Page Maker
·
Paint Tool SAI
Webdesign
·
Adobe Dreamweaver
·
Microsoft Frontpage
·
Notepad
·
Adobe Photoshop
Audiovisual
·
Adobe After Effect
·
Adobe Premier
·
Final Cut
·
Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
·
Ulead Video Studio
·
Magic Movie Edit Pro
·
Power Director
Rendering 3 Dimensi
·
3D StudioMax
·
Maya
·
AutoCad
·
Google SketchUp
·
Light Wave
·
Blender
·
Softimage
CONTOH SOFTWARE ANIMASI
Ada beberapa film
animasi luar negeri terkenal, misalnya film animasi Shrek, film animasi frozen,
film animasi toy story. contoh film animasi diatas merupakan film animasi 3D.
untuk film animasi 2D misalnya film animasi tom anda jerry lalu film animasi
micky mouse dan film animasi spiderman.
Indonesia juga memiliki
film animasi yang berkualitas, contohnya film animasi batle of surabaya, lalu
film animasi adit sopo jarwo. animasi tersebut buatan lokal.
Lalu apa yang dimaksud dengan animator?
Animator merupakan orang yang menciptakan animasi tersebut.
Beberapa software untuk membuat animasi
yang bisa didapatkan secara gratis dan juga berbayar:
·
AnimatorDV : AnimatorDV merupakan software pembuat animasi
dan juga pembuat Stop Motion.
· Aurora 3d Animation Maker : Aurora 3d Animation Maker merupakan software
pembuat animasi dengan banyak fitur
· Stykz : Stykz merupakan software untuk pembuat animasi
freeware. bukan hanya itu ternyata software ini Multi-Platform tersedia untuk
Windows, Mac dan juga linux.
· Pivot StickFigure Animator : Ini juga salah satu software ringan untuk membuat animasi
sederhana dan aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis.
· Blender : Software ini merupakan salah satu software
favorit untuk membuat animasi 3D. mengapa demikian karena software ini memiliki
banyak fitur dan juga gratis.
· 3ds max : 3ds max merupakan software yang diciptakan
perusahaan Autodesk yang digunakan untuk membuat 3d animasi dan juga 3d model.
kelebihan dari aplikasi ini adalah fiturnya yang sangat banyak.
·
Iclone : Iclone merupakan salah satu software untuk
membuat animasi 3d. software ini juga merupakan salah satu yang praktis untuk
digunakan karena fiturnya yang juga banyak. untuk mendapatkan software pembuat
animasi ini anda bisa membelinya disitus resminya
·
Maya : Sama seperti 3ds max. maya merupakan software
untuk membuat animasi dan juga 3d modeling. Aplikasi ini berasal dari
perusahaan yang sama dengan 3ds max yaitu Autodesk.
· MotionBuilder : Ini juga merupakan software yang diproduksi oleh
Autodesk. software ini digunakan untuk membuat animasi karakter 3d.
·
CINEMA 4D : CINEMA 4D merupakan software untuk membuat
animasi dan juga 3d modeling. aplikasi ini deikembangkan oleh MAXON Computer
GmbH di jerman. untuk mendapatkan software untuk pembuat animasi tersebut anda
bisa membelinya
· DAZ Studio : Daz studio merupakan software untuk pembuat
animasi yang dikembangkan oleh DAZ 3D. kelebihan software ini bukan hanya
fiturnya yang lengkap. tetapi juga gratis.
· LightWave 3D : LightWave 3D merupakan software untuk pembuat
animasi yang dikembangkan oleh NewTek.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar